-->

Burung Kolibri, Burung terkecil di dunia dan penerbang cepat

- 15.19
Burung Kolibri adalah burung terkecil yang ada di dunia dengan hanya memiliki panjang 6,4 cm dan beratnya sekitar kurang lebih 6 gram serta memiliki warna cerah gemerlap pada bulu bulunya, uniknya butung ini kalau bergerak akan kelihatan seperti berubah warna, hal ini terjadi karna burung kolibri memiliki seribu bulu pada tubuh mungilnya.
burung kolibri ekor panjang
Burung kolibri ekor panjang
Burung kolibri banyak di temukan di Amerika utara dan Amerika selatan. Sedangkan di hutan Amazon yaitu di Amerika selatan terdapat 300 spesies burung kolibri. Dari spesiesnya yang banyak inilah nama-nama burung kolibri yang terkenal:

burung kolibri ninja
burung kolibri kelapa
burung kolibri wulung
burung kolibri raja
burung kolibri muncang
burung kolibri manggar
burung kolibri sepah raja
burung kolibri lebah
burung kolibri sriganti
burung kolibri api
burung kolibri antena
burung kolibri ayam jago
burung kolibri bali
burung kolibri cabe
burung kolibri canting
burung kolibri dacok
burung kolibri emas
burung kolibri gajah
burung kolibri jaguar
burung kolibri samurai

Burung Kolibri
Burung Kolibri

 Fakta unik burung kolibri

1. Penerbang ulung dengan kepakan sayap 12 sampe 80 kepakan dalam satu detik

2. Karna kolibri adalah burung dengan kecepatan terbang cepat maka dia membutuhkan asupan energi yang cukup besar dalam makanannya yaitu nektar atau inti sari bunga alias madu yang dihisap menggunakan paruh panjangnya, tapi selain itu burung kolibri bisa dikasih makan ulat, keroto dan susu kental manis.
Burung Kolibri warna indah
Burung Kolibri Warna indah


3. Dalam musim perkawinan biasanya burung kolibri jantan akan terbang mondar mandir di dekat betina dengan kicauan gembira. Beberapa dari jenis burung kolibri mempunyai kacauan kuat yang indah nan spektakuler. Beda halnya dengan burung kolibri betina dalam menarik perhatian sang burung kolibri jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi seraya melakukan akrobat seperti pesawat jet. Setelah mereka burung kolibri tertarik satu sama lain maka burung kolibri melakukan perkawinan dan hanya bertelur 2 buah dengan corak putih tanpa ada bercak.

5. Burung kolibri terkecil dari spesiesnya adalah burung kolibri lebah dan burung kolibri lebah memiliki telur kecil tidak melebihi kacang polong.
Burung Kolibri
Burung Kolibri

6. Burung kolibri berleher rubi melakukan perjalanan 500 mil tanpa henti di teluk meksiko

7. Jantung mungil burung kolibri berdetak kencang dengan kecepatan 1260 ketukan per menit, 15 kali lebih sering daripada manusia.
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search